EKONOMI MIKRO; Aplikasi dalam Bidang Agribisnis

Buku referensi ini dimaksudkan sebagai pendukung perkuliahan bagi mahasiswa S-1 pada Jurusan Agribisnis. Dalam buku referensi ini, penulis mencoba menjelaskan konsep-konsep ekonomi mikro. Materi dalam buku ini berupa cuplikan dari beberapa buku teks dan beberapa hasil penelitian yang dilakukan mengenai ekonomi mikro dalam bidang agribisnis.

Secara umum ilmu ekonomi atau ekonomika dapat diartikan sebagai suatu ilmu tentang usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya dengan adanya alat-alat pemuas kebutuhan yang langka (scarce). Pengertian lain bahwa ilmu ekonomi mempelajari bagimana cara setiap individu atau segolongan masyarakat mengalokasikan sumber daya yang terbatas jumlahnya untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Keterbatasan sumber daya seperti alat produksi, konsumsi, barang dan jasa menyebabkan perlu adanya pilihan rasional untuk memenuhi kebutuhan secara optimal. Yang dimaksud dengan manusia disini adalah produsen, konsumen sekaligus pemilik faktor-faktor produksi. Karena alat-alat pemuas (sumber daya) terbatas maka manusia harus berusaha memaksimumkan kepuasannya baik produsen maupun konsumen. Karena sumber daya yang dimiliki masyarakat terbatas atau langka, maka kemampuan untuk memproduksi barang dan jasa juga akan terbatas. Akibat kelangkaan (scarcity), seluruh masyarakat menghadapi berbagai masalah ekonomi yaitu: What (Apa). Apa itu pengertian Ekonomi?. Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku ekonomi dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Oikos” yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan “nomos” yg berarti “aturan”. Dan secara garis besar bisa di artikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “menejemen rumah tangga”.

Who (Siapa). Siapa pelaku Ekonomi di dunia?. 1). Rumah Tangga Konsumsi/RTK. Rumah Tangga Konsumsi adalah pemilik atau penyedia jasa dari berbagai faktor produksi. 2). Rumah Tangga Produksi / Perusahaan. Rumah Tangga Produksi adalah suatu organisasi yang dibuat bertujuan untuk membuat barang dan jasa yang di butuhkan masyarakat. Atau bisa di sebut tempat berlangsungnya produksi. 3). Pemerintah. Suatu lembaga pemerintah atau badan pemerintah yg memiliki wewenang dan tugas mengatur ekonomi dan 4). Masyarakat Luar Negeri. Peran Masyarakat Luar Negeri yaitu perdagangan, pertukaran tenaga kerja, penanaman modal, pemberian pinjaman, dan pemberian bantuan.

When (Kapan). Kapan ekonomi lahir?. Ekonomi lahir pada abad ke-18, ketika Adam Smith menulis sebuah buku yang diberi judul an inquiry into the nature causes of the wealth of nation. Buku tersebut membahas tentang ekonomi dalam suatu sistematika. Where (Dimana). Dimana terjadi kegiatan ekonomi?. Kegiatan ekonomi umumnya belangsung di tempat-tempat ramai, instansi resmi ataupun tidak resmi. Misalnya: perusahaan/perkantoran, pasar, sawah, dan lain-lain.

Why (Mengapa). Mengapa kita perlu mempelajari ilmu ekonomi?. Ilmu ekonomi sangat penting karena kita dapat belajar mempergunakan sumber daya yang semakin langka, untuk memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat, agar sumber daya tersebut dapat digunakan secara efisien.

How (Bagaimana). Bagaimana cara menanggulangi kelangkaan sumber daya?. A). Menyusun skala prioritas kebutuhan. Untuk menanggulangi kelangkaan membutuhkan skala prioritas untuk menyusun keperluan berdasarkan kepentingannya, dan dari kebutuhan yang paling mendesak. B). Berprilaku arif dan bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya secara efisien dan efektif. C). Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan keterampilan untuk meningkatkan sumber daya manusia. D). Mengelola dan mendayagunakan modal secara tepat guna.